Kamis, 03 November 2016

Robot yang Bisa Bermain Bola(Tugas Softskill 2)

(Syarifa isninawati 1A114607 , Ariefah Nur Aisyah 11114575 , Annisa Imania Putri 11114374 )

Disini kita akan membuat artikel tentang video robot yang bias bermain bola




Diatas itu adalah nimbRo-OP adalah sebuah robot open source yang dibuat dengan software berbasis Linux. Robot ini mampu mengamati bola, berjalan, berlari, menendang bola maupun berdiri tegak. Teknologi yang dibenamkan di dalamnya antara lain PC Dual Core sebagai power utamanya dengan prosesor 1.65GHz, 2GB RAM, dan 64GB SSD.
Robot nimbRo-OP memiliki bobot seberat 6.6kg dan tinggi 95cm. Ukuran tersebut membuatnya terlihat seperti anak kecil ketimbang orang dewasa pada umumnya. Konsep bobot rendah inilah yang membuat robot nimbRo-OP mampu bergerak dengan lincah.
Selain itu, nimbRo-OP juga dilengkapi Wi-Fi, USB 3.0, kapabilitas HDMI, gigabyte ethernet, dan sebuah slot memory card. Untuk sumber energinya, nimbRo-OP menggunakan baterai lithium polymer, sedangkan bagian mata robot ini menggunakan kamera wide-angle dengan 3-axis gyro dan 3-axis accelerometer. Robot ini terbuat dari material carbon composite, aluminium, dan ABSplus.

Performance Measure robot itu membuat robot bergerak dan menendang bola.
Environment pada robot itu tempat sepeti lapangan.
Actuator pada robot itu kepala, tangan dan kaki robot.
Sensor pada robot tersebut dengan menggunakan kakin robot dan kamera.

Divideo ada bagian Actuator didefinisikan sebagai suatu device yang dapat mengubah energi (dlm robotik energi listrik) menjadi gerak fisik. Untuk lebih mudah dipahami kita ambil satu contoh aktuator yang sering digunakan yaitu DC motor.

Ini adalah video dari robot nimboRo-OP





Sumber :
 jagatreview.com/2012/12/nimbro-op-robot-yang-bisa-bermain-sepak-bola
http://belajarbikinrobot.weebly.com/5-mengenal-actuator.html

Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Sistem Cerdas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar